Bukan Perhiasan, Buah-Buahan di Jepang Ada yang Seharga Mobil! | CoolJapan

Sumber foto: www.truelovejapan.com 


Bagi banyak orang, makanan yang mewah ialah yang mengandung daging sapi atau ikan yang berkualitas tinggi yang sulit ditemukan. Namun, di Jepang ada hasil kebun – yakni buah-buahan – yang tergolong luxury fruit dan dibanderol dengan harga sangat tinggi. Salah satunya bahkan menyamai harga mobil baru, yakni mencapai ratusan juta rupiah! Wah, kok bisa, ya? Yuk, intip selengkapnya pada ulasan di bawah ini! 

 


Luxury Fruit & Japanese Culture

 

Hadirnya buah-buahan yang harganya fantastis ini tak terlepas dari kultur Jepang yang suka memberi buah mahal sebagai hadiah di special occasion. Seperti budaya Eropa atau Amerika di mana masyarakatnya suka membawakan wine berkualitas tinggi untuk merayakan suatu hal yang spesial, orang Jepang suka memberi buah yang nggak hanya cantik, namun ranum dan matangnya sempurna, sebagai hadiah. Nah, gifting season ini berlangsung di musim panas dan musim dingin. Umumnya, buah-buahan ini diberikan sebagai ungkapan rasa terima kasih pada seseorang yang berjasa bagi mereka atau keluarganya, seperti atasan, dokter, klien, dan sebagainya. 

 

Lalu, kenapa buah yang dijadikan hadiah? Hal ini nggak terlepas dari budaya declutter Jepang yang nggak suka menumpuk barang-barang. Kalau memberi makanan dan buah, produk tersebut akan habis dikonsumsi dan nggak terbuang atau hanya ‘terpajang’ di ruang tamu. Budaya ini lah yang bikin para petani di Jepang kompetitif banget dalam menghasilkan buah yang perfect dan flawless, yang berbanding lurus juga dengan harganya yang meroket tinggi. 



Di mana Bisa Beli Luxury Fruit?

 

Nah, buah-buahan ini nggak bisa kamu temukan di Supermarket biasa, Clozetters, karena memang nggak dibuat sebagai konsumsi masyarakat umum. Ada specialty store yang khusus menjual luxury fruit di Jepang. Salah satunya yang paling ikonis dan terbesar ialah Sembikiya. Di store ini, buah-buahan mewah dipajang dengan elegan di rak display lengkap dengan counter-nya yang bercahaya. Store-nya juga dilengkapi dengan interior kayu dan chandelier besar yang bikin suasana mewahnya amat terasa! 


 


Deretan Buah dengan Harga Selangit 



Sumber foto: www.truelovejapan.com

 

Clozetters tentu penasaran, bukan? Buah apa saja sih, yang tergolong sebagai luxury fruits? Pertama, ada Yubari King Melon, berupa melon dari Yubari, Hokkaido, yang bulat sempurna tanpa guratan sama sekali di sekeliling buahnya. Pada tahun 2019, Yubari King Melon pernah mencatat rekor karena terjual seharga 5 juta Yen, atau setara lebih dari 500 juta rupiah. Harga yang fantastis banget, bukan?

 

Di musim panas, semangka merupakan salah satu primadona luxury fruit di Jepang. Buah yang satu ini tergolong estetis, apa lagi yang dengan sengaja dibentuk kotak – yakni semangka Zentsuji! Buah ini populer banget sebagai gift dan dijual hingga Rp 2,5 juta. Selain semangka Zentsuji, ada semangka Densuke yang kulitnya hanya berwarna gelap tanpa strip hijau. Buah ini cuma tumbuh di Hokkaido dan pernah dilelang dengan harga Rp 58 juta. Wow!

 

Pernah dengar tentang anggur Ruby Romawi? Seperti daging sapi Kobe, anggur ini harus ada di level tertentu untuk dikategorikan sebagai anggur Ruby Romawi. Anggur harus berukuran besar, rasa asamnya harus sedikit sekali, rasa manisnya dominan, dan dalam satu ikat, masing-masing buahnya harus berukuran minimal 20 gram. Bahkan, ada anggur Ruby Romawi premium yang masing-masing buahnya paling sedikit berukuran 30 gram. Anggur Ruby Romawi pernah terjual 1,2 juta yen untuk satu ikat berisikan 24 butir, atau setara dengan hampir 140 juta rupiah. 

 

Selain tiga jenis buah di atas, ada juga manga Taiyo no Tamago, mangga apel yang dibentuk seperti telur berwarna merah, apel Sekai, hingga stroberi berwarna putih yang harga jualnya nggak kalah fantastis. 


READ MORE ON THIS TOPIC