Intip Cara UNIQLO Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai | CoolJapan

Sumber foto: Instagram @uniqlousa


Sebenarnya tak ada yang salah dengan plastik jika digunakan untuk hal-hal yang bersifat kontinu. Material yang satu ini amat berguna untuk berbagai keperluan rumah tangga seperti mesin cuci, kulkas, wadah bekal makanan, dan sebagainya. Dari segi produsen alat-alat transportasi, plastik masih menjadi bahan baku yang penting untuk kendaraan seperti bodi pada mobil, motor, dan bahkan pesawat. Material yang satu ini memang dikenal kuat, mampu mengangkat beban berat, dan tentunya tahan lama.

 

Lalu, penggunaan plastik seperti apa yang disebut-sebut sebagai pengganggu keseimbangan alam? Jawabannya ialah plastik yang didistribusikan di toko dan pasar swalayan, lalu dibuang setelah satu kali pakai. Termasuk di dalamnya kantong plastik, botol kemasan minuman, dan sedotan. Plastik yang menjadi sampah ini terkumpul di lautan dan mengganggu ekosistem yang ada. Hal ini tentu akan memengaruhi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi, termasuk manusia.



Berpartisipasi menjaga kelestarian alam, UNIQLO, fashion brand asal Jepang, tak hanya memproduksi pakaian yang nyaman dan tahan lama. Label ini juga menerapkan beberapa cara untuk mengurangi penggunaan plastik yang ada, di antaranya ialah:

 


1. Mengganti Kantong Plastik Belanja dengan Paper Bag


Sejak bulan September 2019, UNIQLO secara bertahap mengganti penggunaan plastik dengan paper bag dari bahan baku bersertifikat yang ditetapkan oleh Forest Stewardship Council (FSC), kertas hasil daur ulang, dan menjual kantong belanja berbahan katun di tokonya. Untuk kantong plastik belanja masih tersedia di beberapa cabang, namun dipungut bayaran mulai Januari 2020.





2. Mengganti Kemasan Produk


Untuk akhir tahun 2020 kelak, UNIQLO memiliki goal untuk mengurangi packaging dari produk HEATTECH, AIRism dan lainnya sebanyak 85%.



3. Mengganti Material Gantungan Baju


Meskipun masih diperbincangkan, UNIQLO berupaya untuk mengganti gantungan plastik yang digunakan untuk BRATOP dengan material yang lebih ramah lingkungan

 


4. Memproduksi Pakaian dari Botol Plastik


Salah satu hal unik yang dilakukan UNIQLO adalah mengubah botol PET (polyethylene terephthalate) menjadi sebuah pakaian dengan performa tinggi. Masuk ke dalam lini UNIQLO Dry-EX, inovasi ini merupakan hasil kolaborasi antara UNIQLO dengan partnernya, Toray Industries. Botol PET yang ada diubah menjadi serat benang dengan teknologi khusus, lalu dikembangkan menjadi material pakaian yang lembut, ringan, nyaman, dan mudah kering. Koleksi yang cocok digunakan untuk berolahraga ini akan dirilis UNIQLO dalam waktu dekat.


READ MORE ON THIS TOPIC