Bagaimana Pengaruh 15 Menit Berolahraga Pada Kesehatan Mental? | CoolJapan


Clozetters, masih ingat tentangpenelitian brand sporting goods ASICS akan hubungan olahraga dengan kesehatanmental? Baru-baru ini, penelitian Global State of Mind Index (SOMI) memperlihatkanhasil perdananya. Setelah melacak kondisi mental 37,000 orang yang tersebar di16 negara, studi ini membuktikan bahwa mereka yang paling banyak bergerak memilikistate of mind yang lebih tinggi dengan rata-rata 68/100 dibandingkan dengan56/100 untuk mereka yang tidak aktif.


 

Selain itu, studi ini jugamengamati perbedaan antara para generasi yang lebih tua, yakni berusia 57 tahunke atas, yang bergerak rata-rata selama 53 menit lebih banyak daripada Gen Zselama seminggu. Hasilnya 54% populasi lansia global merasakan manfaat positifdengan SOMI rata-rata hingga 67/100. Sebaliknya, 45% dari populasi Gen Z globalhanya mencapai SOMI rata-rata 59/100.




Melalui studi ini, ASICS menemukan bahwa hanya dalam 15 menit 9 detik bergerak, efek pengingkatan perasaan dan suasana hati sudah mulai terlihat. Hal ini mematahkan anggapan populasi global yang mengungkapkan 30 menit adalah jumlah waktu latihan yang diperlukan untuk merasakan dampak bergerak yang membangkitkan semangat. Waktu yang singkat ini diharapkan semakin menginspirasi banyak orang untuk melihat dampak yang ditimbulkan oleh gerakan-gerakan kecil.



 

Terinspirasi dari 15:09 ini, ASICS mengadakan “15:09 Uplift Challenge” untuk membuat dunia bergerak. Challenge ini akan dimulai oleh Brand Ambassador Uplift pada pukul 15:09 selama 15 menit 9 detik sebagai bentuk perayaan pada generasi yang lebih tua dalam melakukan gerakan dan latihan, seperti yang tertera pada hasil SOMI. Keseruan aktivitas ini akan berlangsung sepanjang bulan Juni, dan dapat Clozetters ikuti dari rumah dengan memposting di media sosial menggunakan hashtag #LiveUplifted. Untuk info lebih lengkapnya, Clozetters bisa kunjungi website asics.com.


READ MORE ON THIS TOPIC